Alasan Menggunakan Tas Belanja yang Ramah Lingkungan

tas belanja murah

Table of Contents

Kantong plastik ialah jenis tas yang mudah diperoleh dan harganya murah. Sehingga tas ini sering digunakan untuk membawa barang. Namun kantong plastik punya kekurangan. Lamanya waktu terurainya sampah plastik dalam tanah. Dibutuhkan ratusan sampai ribuan tahun agar sampah plastik dapat terurai dengan baik. Tetapi, kita bisa meminimalisir penggunaannya. Maka dari itu, artikel ini membahas alasan menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan.

Jika sampah plastik sulit terurai, tentu membuatnya semakin menumpuk dari tahun ke tahun. Akibatnya sampah tersebut mencemari lingkungan terlebih tanah. Sebagai solusi mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Saat ini banyak pihak yang menyarankan untuk mengganti kantong plastik dengan kantong belanja. Dimana kantong tersebut kebanyakan terbuat dari kain sehingga bisa dipakai berulang kali.

Alasan Menggunakan Tas Belanja yang Ramah Lingkungan

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan, banyak pihak mulai mengajak mengurangi pemakaian kantong plastik. Tak perlu khawatir, kini  banyak pusat perbelanjaan menawarkan kantong belanja dari bahan ramah lingkungan. Agar Anda semakin yakin untuk berpindah memakai tas yang ramah lingkungan, berikut beberapa alasannya:

1. Lebih Modis

Sekarang ini semakin banyak model tas untuk belanja yang dibuat dari bahan ramah lingkungan dan lebih tahan lama. Selain polos, tas tersebut juga tersedia berbagai motif dan warna sehingga Anda dapat tampil modis saat berbelanja. Anda juga bisa membuat sendiri tas tersebut menggunakan bahan-bahan yang ada seperti tas sembako murah yang dibuat dari kain blacu. Pastinya mengganti kantong plastik dengan tas ramah lingkungan dijamin lebih aman dan membuat Anda lebih percaya diri.

2. Dapat Dibuat Sendiri

Jika Anda memiliki kain perca dan mesin jahit, cobalah membuat sendiri kreasi tas belanja sesuai selera. Carilah referensi di internet model tas yang cocok dan bisa Anda praktikkan di rumah. Membuat tas sendiri tidak hanya hemat tetapi juga sebagai upaya mendaur ulang bekas kain yang tidak terpakai. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat sendiri tas untuk belanja, saat ini banyak produsen tas siap melayani pembuatanya.

3. Lebih Awet dan Tahan Lama

Kantong plastik cenderung mudah sobek dan rusak ketika digunakan membawa barang yang tajam atau terlalu berat. Apabila Anda beralih memakai tas untuk belanja dari bahan kain, tentu tas tersebut lebih awet dan tahan lama. Bahkan bisa dipaki berulang kali hingga beberapa tahun. Tas tersebut cenderung lebih kuat sehingga aman untuk membawa barang yang berat atau tajam.

4. Ramah Lingkungan

Sampah plastik yang sulit terurai ternyata dapat berdampak buruk bagi makhluk hidup di muka bumi. Apalagi jika dibuang ke sungai atau laut, maka bisa menggangu kelestarian biota laut. Sebaiknya gunakan tas belanja dari bahan kain yang ramah lingkungan sekaligus mendukung kelestarian makhluk hidup.

5. Bukan Hanya Tas Belanja Saja

Selain untuk berbelanja, Anda bisa gunakan untuk membawa barang-barang lain saat pergi ke kampus atau tempat kerja. Bahkan juga aman dipakai untuk membawa bekal makan siang.

6. Lebih Bagus dari Paper Bag

Tas untuk belanja yang kebanyakan dibuat dari bahan kain, memang lebih bagus dibandingkan paper bag. Keduanya memang dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, tetapi dibuat dari kertas yang tidak tahan lama. Selain itu, pembuatan kertas untuk tas ini harus mengorbankan ratusan pohon. Hal ini sangat kurang bagus bagi kelestarian alam. Sebaiknya gunakan tas belanja dari bahan kain atau bahan lain yang ramah lingkungan.

Alternatif  Tas untuk Belanja Pengganti Kantong Plastik

Kantong plastik sebaiknya mulai dikurangi penggunaannya sejak sekarang agar penumpukan sampah plastik dapat dikurangi. Sebagai upaya menghindari pemakaian kantong plastik, Anda bisa diganti menggunakan beberapa alternatif tas belanja berikut ini:

  1. Tas Parasut

Tas parasut sangat cocok digunakan sebagai pengganti kantong plastik untuk berbelanja. Sesuai dengan namanya, tas ini dibuat dari bahan parasut elastis. Sehingga memungkinkan tas ini digunakan membawa banyak barang. Jenis tas ini bisa dilipat sehingga sangat praktis dibawa saat berbelanja atau keperluan lainnya. Jenis tas ini tidak hanya kuat dan bisa dipakai berulang, tetapi juga memiliki banyak pilihan motif maupun warna.

2. Tas Kanvas

Tas kanvas identik dengan tas model tote bag yang kini banyak dipakai oleh anak muda. Selain dipakai untuk menambah gaya penampilan Anda, tas kanvas juga bisa dipakai untuk berbelanja. Bahan kain kanvas yang kuat tentu membuat tas ini sangat awet meskipun dipakai membawa banyak barang. Tas kanvas juga bisa dicuci dan dilipat sehingga lebih praktis saat dibawa. Tas kanvas termasuk jenis tas yang ramah lingkungan karena dibuat dari kapas organik yang bisa terurai dalam tanah.

3. Paper Bag

Paper bag sering digunakan sebagai kantong supermarket terutama di luar negeri. Sudah banyak toko-toko di Indonesia yang beralih menggunakan paper bag sebagai pengganti kantong plastik. Meski daya tahan paper bag tidak sebagus tas dari kain, setidaknya bahan paper bag bisa di daur ulang. Sehingga lebih ramah lingkungan. Tetapi bahan baku kertas menggunakan kayu. Sehingga semakin banyak paper bag yang digunakan semakin banyak pula pohon yang kemungkinan di tebang.

4. Tas Karung Goni

Tas sepanjang masa ini terbuat dari karung goni. Sebab, tas ini dibuat dari serat alami yang tahan lama. Jika tas karung goni mulai rusak, Anda bisa memakainya sebagai bahan pupuk kompos karena bisa terurai alami.

Biasanya tas karung goni digunakan sebagai tas sembako jumbo  yang awet dan bisa dipakai berulang kali. Kemudian Anda bisa membuat sendiri tas karung goni menggunakan bahan-bahan yang ada agar lebih murah dan tetap berkualitas.

5. Tas Polypropylene

Bahan dari tas ini, polypropylene, merupakan hasil penyulingan minyak bumi. Hasilnya, berupa tas yang tergolong sangat kuat dan awet. Meskipun tas ini dibuat dari bahan yang tidak dapat diperbaharui, namun tas ini bisa didaur ulang. Sehingga cocok untuk mengganti kantong plastik.

6. Tas Spunbon

Tas ini memiliki tekstur kuat, ringan dan tahan lama. Jenis tas yang memiliki beragam pilihan warna maupun motif yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Biasanya ini digunakan sebagai tas belanja di beberapa toko produk fashion.

Alasan menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan sudah dipaparkan jelas. Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, sebaiknya Anda beralih menggunakan tas belanja ramah lingkunga. Apabila Anda ingin memesan tas untuk belanja dengan berbagai jenis bahan, model maupun ukuran, percayakan pada bovavi.id. Dimana website tersebut melayani pemesanan tas ramah lingkungan dengan berbagai desain sesuai pesanan pelanggan dengan harga terjangkau.

Pencarian
Kategori
Artikel Terbaru
Tag
Mau Dikirim Katalog